PETERNAKAN KAMBING

           Usaha ternak kambing adalah salah satu uasaha yang menjajikan pearawatannya mudah, ternak kambing memiliki potensi sebagai komponen usaha tani yang sangat penting di berbagai agro ekosistem. Ternak kambing perawatannya lebih m,udah ketimbang dengan ternak ruminansia lainnya, seperti kerbau dan sapi.

            Dengan karakter yang mampu bertahan di segala kondisi cuaca. Ternak ini menjadi pilihan bagi para petani baik yang didaerah gunung maupun di daerah bawah. Namun demikian pengelolaan ternak kambing dikalangan petani masih dilakukan hanya sekedar untuk tabungan bukan untuk bisnis. Padahal jika mau dijadikan sebagai ladang bisnis ternak kambing dapat dijadikan sebagai bisnis yang menjanjikan.

            Kontribusi yang diperankan oleh ternak kambing tersebut diatas merupakan suatu potensi untuk mendorong semakin menigkatnya skala usaha pemeliharaan kambing sesuai dengan kapasitas daya dukungyang tersedia. Jika usaha ternak kambing bisa dikelola dengan secara maksimal dapat mencapai pasar ekspor. Dengan demikian pola usaha diharapkan akan berubah kearah yang lebih intensif yang semakin membutuhkan inovasi teknologi agar dapat mempermudah para peternak kambing.

            Usaha peternakan kambing masing berpeluang sangat besar di Indonesia, karena pasokan daging kambing sendiri di indonesia masih kurang. Padahal peternak kambing sendiri di Indonesia sudah sangat banyak. Oleh karena itu peluang untuk ekspor pun juga mash sangat baik.

            Usaha ternak kambing sendiri sebenarnya memiliki banyak fungsi, selain daginnya dapat dikonsumsi fesesnya juga dapat digunakan sebagai pupuk untuk pertanian. Bahkan pupuk darai feses kambing sangat baik digunakan untuk pertanian dibandingkan dari pupuk kimia, karena pupuk dari feses kambing itu mengemburkan tanah tetapi pupuk dari kimia gemburnya hanya sementara. Bahkan urin kambing dapat dijadikan pupuk cair yang sangat baik untuk pertanian, baik dikaret, padi, sayuran dll.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *