Kambing Boer

Kambing boaer adalah salah satu kambing yang baik untuk dijadikan sebagai saran utuk pedaging. Kambing boer dapat dikenali dengan mudah dari tubuhnya yang lebar dan besar, panjang, dalam berbulu, putih, berkaki pendek, bertelinga cembung, bertelinga panjang menggantung, berkepala warna coklat kemerahan atau coklat. Beberapa kambing boer memiliki garis putih kebawah diwajahnya. Kambing boer sangat suka berjemur d siang hari. Kambing boer dapat hidup disuhu yang ekstrim, mulai dari -43derajat celcius hingga sangat panas 43 derajat celcius dan kambing boer mudah beradaptasi terhadap perubahan suhu lingkungan. Tahan terhadap penyakit, mereka dapat hidup di kawasan belukar, lereng gunung yang berbatu atau pada rumpur.

Kambing boer jantan

Boer jantan bertubuh dan kuat sekali. Pundaknya luas dan kebelakang dipenuhi dengan pantat yang berotot. Kambing boer jantan dapat kawin dibulan apa saja sepanjang tahun. Seekor kambing pejantan dapat aktif mulai umur 7-8 bulan. Tapi baiknya satu pejantan tidak lebih melayani dari 8 ekor. Boer jantan dewasa yang berumur 2-3 tahun dapat melayani 30-40 betina.  Seekor pejantan dapat mengawini hingga berumur 7-8 tahun.

Kambing boer betina

Kambing boer betina tumbuh seperti jantan tetapi tampak sangat feminim dengan kepala dan leher ramping. Ia sangat jinak dan pada dasarnya tidak banyak berulah. Ia dapat dikawinkan pada umur 10-12 bulan tergantung besar tubuhnya. Kambing boer betina biasanya masa mengandung 5 bulan. Ia dapat melahirkan kambing 3 kali dalam dua tahun. Kambing boar dapat melahirkan 3-4 anak. Biasanya kambing boer setelah melahirkan menunggu 3 bulan sampai masa birahi. Kaming boaer baik untuk indukan hingga umur 5-8 bulan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *